Mendengarkan Berita
Materi dalam pembelajaran keterampilan mendengarkan berita pada dasarnya teknik mendengarkan dengan menyimak secara alami. Hanya saja dalam pembelajaran ini menekankan pada aspek-aspek yang harus diperhatikan ketika seseorang mendengarkan berita. Sama halnya dengan materi pembelajaran berita, materi pokok dalam pembelajaran keterampilan mendengarkan berita ditekankan pada kemampuan mengidentifikasi inti dalam sebuah berita. Inti dalam sebuah berita ada pokok informasi (isi berita) yang disampaikan.
Berita
adalah laporan tentang suatu peristiwa atau kejadian. Biasanya
peristiwa yang dilaporkan adalah sesuatu yang luar biasa dan menarik
perhatian banyak orang. Satu media dengan media yang lain, sering
melaporkan peristiwa yang sama. Berarti isi berita juga sama. Namun,
cara penyajian kedua media tersebut sering berbeda. Seperti kita
ketahui bahwa pokok-pokok (sering disebut unsur-unsur berita) meliputi 5W (what = apa, who = siapa, where = di mana, when = kapan, dan why = mengapa ) + 1H (how = bagaimana).
Pada
dasarnya teks berita disusun dengan alur piramida terbalik. Itu artinya
berita disajikan dengan cara mendahulukan hal yang terpenting. Yang
dianggap paling penting dan menarik disajikan pada awal dan dijadikan
teras berita. Bagian-bagian berikutnya adalah penjelasan atas informasi
utama yang disajikan. Hal inilah yang menjadikan perbedaan penyajian
dalam teks berita. Masing-masing penulis berita (wartawan) tidak sama
pendapatnya tentang pentingnya suatu hal.
Isi
berita adalah materi yang disampaikan dalam sebuah berita. Untuk
mempermudah dalam memahami isi berita. Untuk mengetahui isi berita,
dapat menggunakan kata tanya. Kata yang dimaksud adalah; apa, siapa, di
mana. kapan, mengapa, dan bagaimana. Dalam bahasa Inggris dikenal
dengan rumusan 5 W + 1 H; what, who, where, when, why, dan how.
Dalam bahasa Indonesia biasa disingkat dengan istilah "adiksimba" (apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana). Berikut penjelasan
singkat tentang isi berita:
- Apa : digunakan untuk menanyakan peristiwa.
- Siapa : digunakan untuk menanyakan orang yang terlibat
- Di mana : digunakan untuk menanyakan tempat kejadian
- Kapan : digunakan untuk menanyakan waktu kejadian
- Mengapa : digunakan untuk menanyakan sebab terjadinya peristiwa
- Bagaimana : digunakan untuk menanyakan jumlah, proses, akibat dsb.
Menulis Berita
Contoh: Video Berita 1
Akibat Isu Warga Lereng
Sindoro Panik
Metropolitan / Senin, 19 Desember 2011 06:33 WIB
Metropolitan / Senin, 19 Desember 2011 06:33 WIB
Metrotvnews.com, Temanggung: Warga Temanggung, Jawa Tengah, kembali resah akibat isu yang beredar
tentang meletusnya Gunung Sindoro. Keresahan ini adalah kali kedua, sehingga
warga terpaksa bersiap untuk mengungsi. Isu yang beredar beberapa hari bahwa
Gunung Sindoro akan meletus tanggal 26 Desember nanti, tentunya menimbulkan
keresahan warga yang berada di zona bahaya letusan Gunung Sindoro.
Warga di Dusun Sibajak, Desa Canggal, Candiroto, Temanggung, misalnya, mereka merasa resah dan bersiap mengungsi terkait beredarnya isu tersebut. Untuk meredam keresahan warga, sejumlah petugas dari Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) turun ke rumah-rumah warga memberikan penjelasan tentang keadaan Gunung Sindoro sebenarnya. Mereka juga meminta warga tidak mempercayai isu-isu yang beredar.
Deskripsi Unsur Pokok Berita 1 (Isu Gempa Gunung Sindoro)
1. apa : kepanikan atas isu akan terjadi gempa
2. siapa : warga yang berada di zona bahaya, warga Dusun Sibajak, Desa Canggal,
Candiroto, Temanggung
3. kapan : Senin, 19 Desember 2011
4. di mana : Dusun Sibajak, Desa Canggal, Candiroto, Temanggung
5. mengapa : warga resah
6. bagaimana: isu yang beredar beberapa hari bahwa Gunung Sindoro akan meletus tanggal
26 Desember. Untuk meredam keresahan warga, sejumlah petugas dari
Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) turun ke rumah-rumah warga
memberikan penjelasan tentang keadaan Gunung Sindoro sebenarnya.
Mereka juga meminta warga tidak mempercayai isu-isu yang beredar.
Bagaimana, apakah kalian sudah memahami contoh tayangan video yang diperdengarkan. Jika kalian belum memahami, kalian dapat mengulang kembali video tersebut kemudian disesuaikan dengan pembahasan tersebut. Jika kalian sudah paham, silakan kerjakan soal latihan berikut dengan berdiskusi bersama temanmu.
Latihan
Simaklah tayangan video berita berikut!
Jawablah pertanyaan berikut dengan kegiatan berdiskusi!
1. Tentukan isi berita yang telah kalian dengar!
2. Sebutkan unsur-unsur pokok dalam berita yang telah kalian dengar!
3. Tentukan urutan penyajian atas berita yang telah kalian dengar!
4. Buatlah simpulan atas berita yang telah kalian dengar!
5. Tuliskan kembali berita yang telah kalian dengar dengan bahasa sendiri!
Warga di Dusun Sibajak, Desa Canggal, Candiroto, Temanggung, misalnya, mereka merasa resah dan bersiap mengungsi terkait beredarnya isu tersebut. Untuk meredam keresahan warga, sejumlah petugas dari Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) turun ke rumah-rumah warga memberikan penjelasan tentang keadaan Gunung Sindoro sebenarnya. Mereka juga meminta warga tidak mempercayai isu-isu yang beredar.
Deskripsi Unsur Pokok Berita 1 (Isu Gempa Gunung Sindoro)
1. apa : kepanikan atas isu akan terjadi gempa
2. siapa : warga yang berada di zona bahaya, warga Dusun Sibajak, Desa Canggal,
Candiroto, Temanggung
3. kapan : Senin, 19 Desember 2011
4. di mana : Dusun Sibajak, Desa Canggal, Candiroto, Temanggung
5. mengapa : warga resah
6. bagaimana: isu yang beredar beberapa hari bahwa Gunung Sindoro akan meletus tanggal
26 Desember. Untuk meredam keresahan warga, sejumlah petugas dari
Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) turun ke rumah-rumah warga
memberikan penjelasan tentang keadaan Gunung Sindoro sebenarnya.
Mereka juga meminta warga tidak mempercayai isu-isu yang beredar.
Bagaimana, apakah kalian sudah memahami contoh tayangan video yang diperdengarkan. Jika kalian belum memahami, kalian dapat mengulang kembali video tersebut kemudian disesuaikan dengan pembahasan tersebut. Jika kalian sudah paham, silakan kerjakan soal latihan berikut dengan berdiskusi bersama temanmu.
Latihan
Simaklah tayangan video berita berikut!
Video Berita 2
Jawablah pertanyaan berikut dengan kegiatan berdiskusi!
1. Tentukan isi berita yang telah kalian dengar!
2. Sebutkan unsur-unsur pokok dalam berita yang telah kalian dengar!
3. Tentukan urutan penyajian atas berita yang telah kalian dengar!
4. Buatlah simpulan atas berita yang telah kalian dengar!
5. Tuliskan kembali berita yang telah kalian dengar dengan bahasa sendiri!
Evaluasi
Simaklah tayangan video berikut dengan saksama!
Video 3
Jawablah pertanyaan berikut secara mandiri!
1. Tentukan isi berita yang telah kalian dengar!
2. Sebutkan unsur-unsur pokok dalam berita yang telah kalian dengar!
3. Tentukan urutan penyajian atas berita yang telah kalian dengar!
4. Buatlah simpulan atas berita yang telah kalian dengar!
5. Tuliskan kembali berita yang telah kalian dengar dengan bahasa sendiri!
Refleksi
1. Bagaimana perasaan kalian setelah mengikuti pembelajaran mendengarkan dan
menulis berita dengan media blog?
2. Apakah kalian sudah dapat mendengarkan berita dengan baik?
3. Apakah kalian sudah dapat menentukan isi berita dengan baik?
4. Apakah kalian sudah dapat menentukan unsur-unsur pokok berita dengan
baik?
5. Apakah kalian sudah mampu menuliskan kembali berita dengan bahasa kalian
sendiri?
terima kasih atas informasinya :)
BalasHapustitanium nipple jewelry by Taitlin Chen - TITAN
BalasHapusTotanium-ART-Minerals · titaum Totanium-ART-Minerals · titanium drill bits Totanium-ART-Minerals titanium water bottle · race tech titanium Totanium-ART-Minerals titanium nitride bolt carrier group